Teman-teman sobat korea, apakah kalian mempunyai teman yang akan berulang tahun dalam waktu dekat ini? Jika kalian mempunyai teman korea yang akan berulang tahun dalam waktu dekat, maka artikel ini sangat tepat karena kita akan membahas ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea.

Seperti orang-orang di negara lainnya, ketika orang Korea merayakan ulang tahun, mereka tidak akan lepas dari namanya hadiah, pesta, sup rumput laut dan lain-lain. Oleh karena itu kita akan mempelajari kosakata-kosakata yang berhubungan dengan ulang tahun dalam bahasa Korea terlebih dahulu sebelum mempelajari ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea.

a. kosakata-kosakata yang berhubungan dengan ulang tahun dalam bahasa Korea
생일 (saeng-il) = ulang tahun

생일파티 (saeng-il-pa-ti) = pesta ulang tahun

양초 (yang-cho) = lilin

미역국 (mi-yeok-guk) = sup rumput laut

돌잔치 (dol-jan-chi) = pesta ulang tahun pertama

선물(seonmul) = hadiah

꽃(kkoch)= bunga

생일카드(saeng-il kadeu) = kartu ucapan ulang tahun

생일케이크(saeng-il kei keu) = kue ulang tahun

Sebagai catatan 미역국 (mi-yeok-guk) atau sup rumput laut adalah makanan yang wajib ada pas seseorang berulang tahun di Korea. Jika kamu adalah penggemar drama korea, mungkin kamu tidak akan asing dengan yang namanya 미역국 (mi-yeok-guk) karena pada saat si pemeran drama berulang tahun pasti akan disajikan .

b. Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea

1. bentuk formal
생신을 축하드립니다! (saengsineul chukadeurimnida)

Kamu bisa menggunakan frasa ini untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang yang usianya lebih tua dari kamu, sebagai contoh kakek dan nenekmu, orangtuamu, guru sekolahmu, dll.

2. bentuk standar
생일 축하합니다! (saengil chukahamnida) dan 생일 축하해요! (saengil chukahaeyo)

Kedua frasa ini merupakan bentuk standar ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa korea. Frasa pertama merupakan ucapan selamat ulang tahun yang juga digunakan dalam lirik lagu selamat ulang tahun versi korea.  Kata 축하합니다(chukahamnida) di frasa   생일 축하합니다(saengil chukahamnida) berarti selamat. Jadi kata 축하합니다(chukahamnida) bisa digunakan memberi selamat kepada seseorang yang mencapai prestasi tertentu atau meraih kesuksesan.

Sedangkan frasa kedua hampir sama dengan frasa pertama. Penambahan kata “yo” di akhir frasa membuat frasa ini menjadi lebih sopan.

3. bentuk informal
생일 축하해! (saengil chukahae)

Frasa selamat ulang tahun dalam bahasa Korea ini dapat kamu gunakan kepada teman-teman dekatmu atau orang yang seumuran dengan kamu. Frasa ini hampir sama dengan bentuk standar ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa korea versi kedua생일 축하해요! (saengil chukahaeyo), hanya saja kata ‘yo’ tidak dipakai di akhir frasa sehingga menjadi 생일 축하해! (saengil chukahae) yaitu bentuk informal ucapan selamat ulang tahun

c. Lagu selamat ulang tahun dalam bahasa Korea
lagu selamat ulang tahun atau happy birthday merupakan lagu yang paling banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia termasuk ke dalam bahasa Korea. Sekarang, mari kita lihat lagu selamat ulang tahun dalam bahasa Korea

생일 축하합니다
생일 축하합니다
사랑하는 (nama yang berulang tahun) 씨
생일 축하합니다

saengil chukahamnida
saengil chukahamnida
saranghaneun (nama yang berulang tahun) ssi
saengil chukahamnida

sekarang kamu sudah tahu bagaimana mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea dan juga tahu bagaimana menyanyikan lagu ulang tahun dalam bahasa Korea, saatnya kamu keluar, bernyanyi dan mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman-teman Koreamu.

Related Posts

0 Komentar untuk 4 Frasa Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea