Mempelajari cara mengucapkan ‘terima kasih’ dalam bahasa Korea adalah salah satu hal paling penting untuk dipelajari saat mempelajari bahasa. Ketika orang pertama kali mulai belajar bahasa Korea, mereka sering terkejut karena ada begitu banyak cara untuk mengucapkan 'terima kasih' dibandingkan bahasa Indonesia.

Setelah memahami seluk-beluk dalam berbagai situasi, kemudian sering mendengarkan percakapan korea baik itu di drama korea atau acara talkshow korea, dll maka anda akan memahami kamu harus menggunakan terima kasih yang mana dalam bahasa korea ketika berada dalam situasi apa.

Siap memulai? Ayo kita belajar!

a. Terima kasih dalam Situasi Formal
Dalam situasi yang sangat formal ada dua ekspresi terima kasih yang dapat kamu pakai

1. 감사합니다 (gamsahamnida)
Ungkapan ini berasal dari kata kerja bahasa Korea 감사 하다 (gamsahada) yang berarti "berterima kasih."
Ini adalah kata yang paling umum digunakan untuk mengucapkan ‘terima kasih’ dalam bahasa Korea. Ini cukup formal dan sopan, sehingga dapat digunakan dengan orang asing dan orang yang lebih tua dari Anda.
Anda dapat menggunakan kata ini saat mengucapkan ‘terima kasih’ di restoran, toserba, atau taksi. Ini biasanya dikatakan cukup cepat, sehingga pelafalan terkadang terdengar bagi Anda seperti ‘gamsamnida’. Tapi mereka benar-benar mengatakan 'gamsahamnida.'

Contoh kalimat
시간 내주셔서 대단히 감사합니다. (sigan naejusyeoseo daedanhi gamsahamnida)
Terima kasih banyak untuk waktunya

도와 주셔서 감사합니다. (dowa jusyeoseo gamsahamnida)
Terima kasih sudah membantu saya

2. 고맙습니다 (gomapseumnida)
Kata ini dapat digunakan dalam situasi yang sama seperti 감사 합니다 (gamsahamnida). Ada sedikit perbedaan tetapi sangat kecil sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu. Cobalah untuk mencampurnya sehingga Anda terbiasa dengan kedua ungkapan rasa syukur dan terima kasih ini!

Ungkapan ini berasal dari kata kerja deskriptif Korea 고맙다 (gomapda) yang berarti "bersyukur "

Contoh
그렇게 말씀해 주시니 고맙습니다. (geureoke malsseumhae jusini gomapseumnida)
Terima kasih sudah mengatakan seperti itu.

b. Terima Kasih Standar dalam Bahasa Korea

3. 고마워요 (gomawoyo)
Sebagian besar kata terima kasih yang sering dipakai dalam bahasa korea adalah 감사 합니다 (gamsahamnida) atau 고맙습니다 (gomapseumnida ). Tetapi ketika Anda berbicara dengan orang-orang yang dekat dengan anda tetapi mereka lebih tua dari Anda, maka Anda dapat mengatakan 고마워요 (gomawoyo) untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka.  Penambahan 요 (yo) merupakan bentuk sopan dalam bahasa korea.

Contoh kalimat
정말 고마워요. (jeongmal gomawoyo)
Terima kasih banyak

알려줘서 고마워요. (allyeojwoseo gomawoyo)
Terima kasih sudah memberitahu saya

c. Terima kasih Informal dalam Bahasa Korea

4. 고마워 (gomawo)
Ketika berbicara dengan seseorang yang dekat dengan Anda yang usianya sama atau lebih muda dari Anda, maka Anda bisa mengatakan 고마워 (gomawo). Mereka mungkin saja teman dekat, orang yang umurnya sama atau saudara kandung.

Contoh kalimat
난 괜찮아, 고마워. (nan gwaenchana, gomawo)
Saya tidak apa-apa. Terima kasih

선물을 사줘서 고마워. (seonmuleul sajwoseo gomawo)
Terima kasih sudah membelikan saya hadiah

Kesimpulan
Ada beberapa cara mengucapkan terima kasih kepada seseorang dalam bahasa korea
감사합니다 (gamsahabnida) bahasa halus terima kasih, sebagian besar menggunakan ini
고마워요 (gomawoyo) bahasa standar terima kasih dalam bahasa Korea, digunakan kepada orang-orang dekat dan orang yang umurnya setara.
고마워 (gomawo) bahasa informal terima kasih dalam bahasa Korea, digunakan kepada orang yang umurnya lebih kecil dari pembicara.

Setelah mempelajari ungkapan terima kasih dalam bahasa korea, sekarang giliran kamu untuk mempraktekannya. Jangan lupa senyumnya ketika mengucapkan terima kasih.

Related Posts

0 Komentar untuk 4 Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea