Setiap kebudayaan masing-masing mempunyai konsep etika. Penganut suatu kebudayaan memang menyetujui konsep etika di tempat ia tinggal. Seperti di Indonesia, etika umumnya adalah mengucapkan salam sebelum masuk ke rumah seseorang, meminta maaf ketika melakukan kesalahan, tidak bersendawa di depan orang, dll. Sekarang bagaimana dengan orang Korea? Berikut ini adalah etika umum yang dianut oleh orang Korea.

1.Salam dan Bahasa Tubuh
Orang Korea Selatan biasanya berjabat tangan ketika mereka bertemu untuk pertama kalinya.Untuk menunjukkan rasa hormat, orang-orang mendukung lengan kanan mereka dengan tangan kiri. Membungkuk juga merupakan cara sapaan tradisional di Korea Selatan dan sering disertai dengan jabat tangan di antara. Menyetuh seseorang yang bukan saudara atau teman dekatmu merupakan hal yang kurang sopan dan Korea Selatan menganggap itu pelanggaran. Menyentuh, menepuk, atau memukul punggung harus dihindari selama interaksi. Selain itu, kontak mata langsung antara junior dan senior harus dihindari karena Itu dilihat sebagai tidak sopan atau bahkan bisa dianggap menantang seseorang.

2.Saat makan
Tidak seperti orang Cina atau Jepang, orang Korea Selatan tidak pernah mengangkat mangkuk nasi ke mulut mereka, Selama makan, mangkuk dan piring tetap ada di atas meja. Selama makan juga tidak boleh membicarakan hal-hal buruk atau menjijikkan atau makan terlalu cepat atau terlalu lambat juga kurang bagus. Mengeluarkan ingus saat makan bersama juga tidak sopan, bahkan jika makanannya pedas, dianggap agak menyinggung. Jika ingin mengeluarkan ingus, disarankan untuk meninggalkan meja . Orang Korea Selatan menggunakan sumpit saat mereka sedang makan, namun, sumpit Korea Selatan terbuat dari stainless steel. Selama makan, sumpit ini tidak boleh dilemparkan ke atas meja karena kebisingan begitu juga dengan sendok. Sumpit dan sendok tidak boleh ditancapkan ke dalam makanan, terutama menancap sumpit berdiri dalam nasi karena menyerupai persembahan makanan di makam leluhur yang sudah meninggal, dan hal itu dianggap sebagai nasib buruk.

3.Minum 
Di restoran dan bar, menuangkan minuman sendiri dipandang sebagai kecerobohan. Umumnya tuan rumah atau pihak pengundang akan menuangkan minuman, so jangan menuang minummu sendirian ya. Jika gelasmu sudah kosong makan tuan rumah akan menuangkan lagi. Tradisi Korea tamu tidak boleh menolak minuman pertama yang ditawarkan oleh tuan rumah.  Jika tamu menolak minum hingga tiga kali, tamu tersebut tidak akan ditawari lagi. Jika kamu sudah tidak ingin minum maka biarkan gelasmu dalam keadaan penuh.

Ketika bersulang maka angkat gelasmu dengan tangan kanan yang ditopang oleh tangan kiri. Ingat ketika bersulang gelasmu harus lebih diangkat lebih rendah daripada orang yang lebih tua dari kamu.

4.Menerima barang atau memberi barang 
Jika orang Indonesia, tangan yang sopan adalah tangan kanan maka orang Korea berbeda. Memberikan barang dengan tangan kanan atau tangan kiri merupakan hal yang tidak sopan. Oleh karena itu ketika memberi barang atau menerima barang, gunakanlah kedua tangan.

itulah etika umum yang berlaku di Korea, ingat loh ketika kamu berinteraksi dengan orang Korea jangan lupa loh. secara umum yang paling sering dilupakan adalah memberikan barang atau menerima barang dengan dua tangan barulah sopan.


Related Posts

0 Komentar untuk Etika-etika Umum yang Berlaku di Korea