Halo semuanya, selamat pagi, selamat sore..... Bagaimana dengan harimu hari ini? Apakah kamu bahagia? Pada topik kali kita akan membahas ucapan salam dalam bahasa Korea. Sebenarnya di dalam bahasa Korea tidak ada kata spesifik untuk mengucapkan selamat pagi, selamat siang, selamat sore , selamat malam. Tetapi apakah kamu ingat frasa 안녕하세요! (annyeonghaseyo) dan 안녕(annyeong). Kedua frasa ini dapat kamu gunakan untuk memberikan salam sepanjang hari kepada orang yang kamu temui baik itu di pagi hari, siang hari , sore hari ataupun malam hari. Masih ingat perbedaannya dimana? Frasa 안녕하세요! (annyeonghaseyo) merupakan bentuk formal dan kamu gunakan untuk menyapa seseorang yang lebih tua atau yang kamu hormati sedangkan frasa 안녕(annyeong) digunakan untuk menyapa teman-teman dekatmu ataupun orang yang usianya lebih muda dari kamu. Tetapi selain dua frasa ini sebenarnya ada beberapa frasa lain yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan sapaan selamat pagi, siang, sore, dan malam

1. 잘 주무셨어요? (jal jumusyeoss-eoyo?)
Frasa 잘 주무셨어요? (jal jumusyeoss-eoyo?) secara harfiah berarti “apakah kamu tidur dengan baik/nyenyak? “. Frasa ini dapat digunakan untuk menyapa seseorang di pagi hari dan digunakan menyapa seseorang ketika mereka baru bangun tidur.

2. 안녕히 주무셨어요? (annyeonghi jumusyeoss-eoyo?)
Frasa lain yang hampir mirip dengan frasa di atas adalah 안녕히 주무셨어요? (annyeonghi jumusyeoss-eoyo?). secara harfiah berarti “apakah kamu tidur dengan damai/nyenyak ?”  Ingat kedua frasa ini hanya digunakan di pagi hari dan tidak bisa digunakan di siang hari.

3. 좋은 아침입니다 (joh-eun achim-ibnida)
Frasa 좋은 아침입니다 (joh-eun achim-ibnida) berarti pagi yang cerah/baik. Jadi frasa ini juga bisa digunakan untuk mengucapkan selamat pagi dalam bahasa Korea. Karena frasa ini menggunakan akhiran 입니다 (ibnida) jadi ini termasuk sapaan formal ya.

4. 좋은 아침이에요(joh eun achimieyo)
Frasa ini merupakan bentuk standar dari frasa nomor 3. Frasa 좋은 아침이에요(joh eun achimieyo) termasuk informal tapi masih bentuk sopan.

5. 잘 잤어? (jal jasseo)/ 좋은 아침 (joeun achim)
Kedua frasa ini merupakan bentuk informal yang bisa digunakan menyapa teman dekatmu dipagi hari.

6. 안녕하십니까 (annyeonghasibnikka)
Frasa ini berarti ‘hello’ atau ‘hai’ dalam bahasa Korea. Kamu bisa menggunakan untuk menyapa di pagi hari, siang hari, dan malam hari.

7. 안녕히 주무십시요 (annyeonghi jumusibsiyo)
Untuk selamat pagi, siang dan malam tidak ada frasa korea yang spesifik, tetapi untuk selamat tidur(good night) kamu bisa menggunakan 안녕히 주무십시요 (annyeonghi jumusibsiyo). Frasa ini bisa kamu gunakan untuk mengucapkan selamat tidur kepada teman sekamarmu.

8. 식사하셨어요?(sigsahasyeoss-eoyo?)
Ketika waktu makan siang atau makan malam, sapaan ini bisa kamu gunakan. Frasa 식사하셨어요?(sigsahasyeoss-eoyo?) secara berarti ‘kamu sudah makan belum?’

Itulah berbagai frasa yang dapat kamu gunakan untuk menyapa orang lain diberbagai situasi seperti pagi hari, siang hari, malam hari, waktu makan siang atau malam. Jangan lupa untuk mempraktekkannya karena akan membuat kamu terbiasa dengan berbagai frasa ini.

Related Posts

0 Komentar untuk 8 Cara Mengucapkan Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Malam dalam Bahasa Korea