Salah satu frasa yang ingin kamu ketahui ketika belajar bahasa asing tidak lain dan tidak bukan adalah saya cinta kamu. Termasuk ketika kamu belajar bahasa Korea. Frasa ini mungkin tidak asing bagi kalian yang suka mendengar lagu korea atau menonton drama Korea. Dan tentunya sangat penting bagi kita untuk mengekspresikan perasaan kita kepada orang yang kita cintai, keluarga, dan teman-teman dekat. Kata cinta dalam bahasa korea adalah 사랑 (sarang). Kamu bisa menambahkan kata 하다(hada) dibelakang kata 사랑 (sarang). Biasanya kata saya dan kamu dalam frasa “saya cinta kamu” cenderung diabaikan karena maksud topik pembicaraan sangat jelas yaitu saya cinta kamu. Dan tentunya pengabaian ini terdengar lebih alami.  Ada berbagai cara untuk menyatakan saya cinta kamu dalam bahasa Korea. Mari kita mulai saja pembahasannya.

Bentuk Formal

1. 사랑합니다 (saranghamnida)
사랑합니다 (saranghamnida) merupakan bentuk formal aku cinta padamu dalam bahasa Korea. Biasanya cenderung dipakai untuk menyatakan cinta kepada seseorang yang kurang akrab, misalnya dalam grup yang tidak semua orangnya dikenal. Bisa juga dipakai di dalam pidato dan lain-lain.

Bentuk Standar

2. 사랑해요 (saranghaeyo)
Ini merupakan bentuk standar untuk menyatakan aku cinta kamu dalam bahasa Korea. Frasa ini sering didengar dalam drama Korea.
Biasanya penggunaan saya dan kamu sering diabaikan tetapi jika kamu ingin memakainya juga tidak masalah. Berikut ini adalah contoh penggunaannya dalam kalimat:
저는 (person’s name)씨를 사랑해요
jeoneun (nama orang )ssileul saranghaeyo
saya cinta kamu (nama orang)

Bentuk Informal 

3.사랑해 (saranghae)
Ini merupakan bentuk informal untuk mengatakan saya cinta kamu dalam bahasa Korea. Bedanya dengan frasa di atas adalah kata 요(yo) tidak dipakai diakhir frasa. Frasa ini biasanya digunakan oleh orang yang sangat dekat misalnya pacar, Frasa ini yang paling lazim digunakan karena ekspresi saya cinta kamu hanya kita nyatakan kepada orang terdekat kita seperti pacar atau keluarga.
Kamu juga bisa memakai kata saya dan kamu sehingga kalimatnya menjadi

나는 너를 사랑해
naneun neoreul saranghae
saya cinta kamu

Tentunya ketika berbicara ini konteks kalimatnya sangat jelas sehingga kita mengabaikan kata saya dan kamu.

4. 사랑한다  (saranghanda)
사랑한다  (saranghanda) juga berarti saya cinta kamu. Frasa ini cenderung muncul di puisi cinta.

5. 사랑행 (saranghaeng)
Frasa lain yang kedengaran lebih comel dan lucu ketika mengatakan aku cinta kamu dalam bahasa Korea.

6. 나도 사랑해 (nado saranghae)
Frasa yang terakhir ini berarti aku cinta kamu juga, frasa ini bisa kamu gunakan untuk membalas ungkapan cinta seseorang kepada kamu.

Begitulah berbagai cara menyatakan aku cinta kamu dalam bahasa Korea. Semoga setelah membaca artikel ini kamu menjadi mengerti bagaimana mengungkapkan perasaan cintamu dalam bahasa Korea.

Related Posts

0 Komentar untuk 6 Cara Mengatakan Aku Cinta Kamu dalam Bahasa Korea